19. LAMPU SETOPAN GAZELLE SPATBORD POLOS

Lampu setopan sepeda Gazelle dengan tipe spatbord model buntut barangkali sudah banyak dipahami orang. Setidaknya terdapat 4 variasi bentuk setopan yang banyak dijumpai di pasar yakni: model kaca bulat dengan bodi alumunium, kaca bulat bertonjol di tengah dengan bodi alumunium, mika bulat bertonjol di tengah dengan bodi alumunium, dan mika bulat bertonjol di tengah dengan bodi plastik. Sepeda Gazelle dengan spatbord buntut diduga baru mulai diproduksi sejak tahun 1930-an. Produksi era sebelumnya hanyalah model spatbord polos...(more).

18. SEPEDA SIMPLEX HULPMOTOR

Membicarakan sepeda Simplex seakan-akan tidak akan pernah selesai karena merek sepeda pabrikan Amsterdam Belanda ini memiliki varian-varian dengan desain yang unik sekaligus atraktif. Simplex Zweefiets dan Simplex Kruisframe adalah dua varian tersohor yang sampai kini selalu membuat para penggemar sepeda klasik terpesona karena kecantikannya. Berikut ini saya ingin membahas mengenai sepeda Simplex yang didesain untuk menggunakan mesin bantu..(more).

17. KELUARGA BSA AIRBORNE

Seiring dengan popularitas BSA Airborne yang melambung karena terbukti menjadi salahsatu kunci sukses penetrasi pasukan para komando Inggris dalam menembus jantung pertahanan pasukan Nazi Jerman di Front Eropa Barat saat titik balik perang dunia kedua tahun 1944-1945. Sepeda ini kemudian menjadi sebuah simbol kebanggaan bagi rakyat Inggris yang merayakan kemenangan pasukan sekutu atas Jerman pada perang dunia kedua. Kedigdayaan sepeda ini terjadi dengan bobot hanya 15 kg dan rangka yang bisa dilipat (Gambar 3), sehingga dapat diterjunkan langsung bersama personil para komando RAF Inggris untuk kemudian digunakan sebagai alat mobilisasi pasukan para ke target-target penyerbuan. Pertempuran di kota Arnhem Belanda menjadi salahsatu kisah heroik yang membanggakan dari sepeda produksi pabrikan BSA ini..(more)

16. SIMPLEX RADIUM

Varian sepeda Simplex yang selama ini selalu menjadi bintang pembicaraan adalah tipe Cycloide Elite dan Cycloide biasa, kemudian disusul tipe Neo. Sangat jarang sekali orang membicarakan salahsatu bintang lainnya yakni Simplex Cycloide Radium. Pada awalnya saya sendiri juga bingung ketika membaca Katalog Simplex 1934 yang menawarkan Simplex Cycloide Radium. Karena sejauh yang saya pahami, Simplex hanya memiliki tiga varian yang banyak ditemui di Indonesia yakni Neo, Cycloide, dan Cycloide Elite (rem karet). Nama Radium tidak pernah disebut-sebut dalam percaturan dunia sepeda onthel Indonesia. Barangkali varian asing yang sempat disinggung hanyalah Simplex Nervex yang diduga dibuat di pabrikan Perancis....(more)

15. SEPEDA PASTUR

Berbicara sepeda pastur, hampir dipastikan ingatan orang langsung melayang ke Burger Pastur. Sepeda dengan tiang 3 yakni 2 di frame lengkung dan satu di pangkal frame tiang sadel ini, memang sangat populer di Indonesia karena banyak Pendeta Kristen terkenal di Indonesia yang menggunakannya. Bahkan karena terlalu populer, saat ini bagi orang awam, Burgers dames-pun selalu dianggap sebagai Burgers Pastur padahal keduanya memiliki ciri berbeda..(more).

14. PORTFOLIO SIMPLEX 1924

Akhirnya terjawablah sudah rasa penasaran yang selama ini menghinggapi untuk mengetahui profil sepeda Simplex era sebelum tahun 1930-an. Berdasarkan referensi Katalog 1924, untuk tipe sepeda standar, terdapat 3 varian yakni:

  1. Simplex Cyloide
  2. Rijwiel Simplex
  3. Rijwiel Radium.

Pabrikan Simplex memproduksi 3 ukuran tinggi sepeda untuk tipe sepeda Heeren yakni: 580 mm, 620 mm dan 680 mm. Kemudian juga terdapat 3 ukuran tinggi sepeda pada tipe sepeda Dames yaitu: 520 mm, 560 mm dan 600 mm..(more).

13. PORTFOLIO SEPEDA GAZELLE

Bagi sebagian orang Indonesia, sepeda merek Gazelle selalu diyakini menggunakan basis nomer rangka untuk membedakan antara varian yang satu dengan varian lainnya. Kita lebih akrab dengan istilah sepeda Gazelle seri 5, seri 9, seri 10 dan seri 11, atau ada juga yang mengkategorikan sebagai streamline, populair, empeta, bengawan dan invicta. Berdasarkan referensi yang berhasil saya lacak dari katalog sepeda Gazelle tahun 1934 dan 1939, telah memberikan pencerahan bahwa varian Gazelle sesungguhnya tidak berbasis nomer rangka tetapi terdapat sebanyak 16 varian...(more).

12. QUOTE TENTANG SEPEDA

Quote dari seseorang sesungguhnya merupakan suatu bentuk sari pembelajaran dari proses pengalaman hidup yang dialami. Quote bisa berbentuk ungkapan praktis, tetapi juga sering berbentuk ungkapan simbolis yang sarat dengan makna filosofis. Sepeda ternyata juga banyak menjadi media untuk memberikan sebuah tafsir kehidupan. Ada bebeberapa quote dari tokoh-tokoh dunia yang menarik untuk disimak dan direnungi sebagai sumber inspirasi kita dalam menjalani kehidupan ini sebagai berikut. (more).

11. LAGU TENTANG SEPEDA

Sepeda bukan hanya sekedar benda biasa, terbukti sepeda sering dijadikan sebagai thema lagu karena betapa panjang perjalanan sejarah dan besar peranan sepeda dalam kehidupan manusia. Ada beberapa band maupun musikus ternama yang sudah menciptakan lagu mengenai sepeda yakni antara lain Queen dan Red Hot Chilli Pepper ( more)

10. SEPEDA POS

Sepeda pos adalah sepeda dengan ciri khas yakni ban depan ukuran 20 inchi dan ban belakang ukuran 26 inchi. Nama sepeda pos sudah menjadi semacam nama kategori produk, padahal sesungguhnya sepeda sejenis ini tergolong sebagai sepeda transport...(more).

9. SEPEDA MILITER

Karakteristik sepeda sebagai alat transportasi yang sederhana, ringan tetapi bermanfaat luas, menjadi alasan-alasan yang kuat untuk menjadikan sepeda sebagai perlengkapan standar tempur taktis militer...(more).

8. ISTILAH TEKNIS SEPEDA DALAM BAHASA ASING

Kadang-kadang kita kesulitan untuk memahami literatur dalam bahasa asing untuk istilah-istilah teknis onderdil dan aksesori sepeda...(more).

7. STANDAR UKURAN BAN SEPEDA ONTHEL (sumber: www.sheldonbrown.com).

ETRTO (European Tyre & Rim Technical Organisation) atau ISO (International Standards Organization) adalah standar ukuran ban yang umum dipakai saat ini baik untuk ban luar maupun ban dalam sepeda. Pada kode ETRTO/ISO , dua angka di depan adalah menjelaskan nominal lebar dalam (milimeter), kemudian tiga angka berikutnya menjelaskan diameter ban dan velg (milimeter). ..(more).

6. SEPEDA RANGKA SILANG

Dari berbagai varian sepeda crossframe yang pernah beredar di dunia ini, hanya beberapa merek yang tergolong fenomenal sebagai berikut...(more)

5. MISTERI DI BALIK NOMER RANGKA SEPEDA ONTHEL

Dari nomer yang tercantum pada rangka sepeda, kita akan memahami pada tahun berapa sepeda tersebut diproduksi..(more).

4. SEPEDA ONTHEL MASA KINI

Dari sekian merek sepeda onthel yang pernah beredar di Indonesia, barangkali hanya ada tiga merek yang masih bertahan sampai sekarang yakni Gazelle, Batavus dan Raleigh. Namun, dari ketiga merek tersebut, hanya merek-merek Belanda yakni Gazelle dan Batavus yang masih memproduksi sepeda onthel...(more).

3. TOPI DEMANG

Topi khas yang sering disebut sebagai topi demang adalah topi yang sangat populer di kalangan Onthelis. Topi ini dulunya adalah topi yang sering digunakan pegawai kantor pemerintahan sejak jaman penjajahan Belanda... (more)

2. KLASIFIKASI SEPEDA ONTHEL

Sepeda onthel dalam dunia sepeda internasional diklasifikasi sebagai Dutch old style bicycle. Sepeda dengan ban ukuran diameter 28 nchi, kemudian menggunakan rangka 57, 61 atau 66 cm adalah cocok dengan perawakan orang-orang Belanda yang konon terkenal sebagai bangsa Eropa yang memiliki tinggi badan tertinggi dibanding bangsa-bangsa Eropa lainnya...(more).

1. DESAIN GIR SEPEDA ONTHEL

Bila kita amati secara mendalam, sebetulnya gir-gir sepeda onthel merupakan perwujudan karya seni logam yang luarbiasa karena mampu memadukan dua unsur yang sangat berbeda yakni antara dimensi keindahan dan dimensi kekuatan... (more).


Copy Right (c) 2011 Sahid Nugroho