BUNG KARNO DAN IBU FATMAWATI BERSEPEDA ONTHEL

Di suatu hari pada tahun 1955, diperkirakan di lokasi sekitar Pabrik Gula Madukismo Bantul DI Yogyakarta, Presiden RI Pertama Soekarno dan Ibu Negara Fatmawati bersepeda onthel menyisir jalan-jalan pedesaan di seputar kawasan pabrik gula yang sampai sekarang masih beroperasi (Kontribusi Johnny A. Ganda - Photographer of IPPHOS (Indonesian Press Photo Service)

 

8. WOMAN ON BICYCLE: DEA IN VREDEBURG

Benteng Vredeburg adalah saksi sejarah kota Yogyakarta dari masa ke masa yang masih berdiri kokoh sampai hari ini. Benteng yang pada awalnya digunakan sebagai tangsi tentara belanda ini, sempat digunakan sebagai markas tentara TNI sebelum kemudian difungsikan sebagai museum kolonial yang luarbiasa eksotik ini. Benteng ini juga pada bulan Mei 2010 ini menjadi saksi kemolekan Dea yang menjadi bintang galeri seri Woman on Bicycle ini (more).

7. WOMAN ON BICYCLE: PANEN PADI

Panen padi adalah ritual caturwulanan yang selalu ditunggu para petani. Kultur agraris telah membentuk profesi pertanian menjadi pilihan utama bagi orang-orang pedesaan sejak masa lampau. Panen padi merupakan hiburan sederhana yang mampu mengobati kepenatan dan kelelahan para petani setelah mandi keringat menggarap sawahnya. Meskipun harga beras masih belum mengangkat nasib petani Indonesia, namun kebahagiaan selalu terlihat di wajah para petani ketika tiba waktunya untuk memetik padi yang sudah menguning (more).

6. WOMAN ON BICYCLE: DEA

Photosession Woman on Bicycle kali ini mengambil lokasi di pabrik gula Gondang Baru Jogonalan Klaten. Pabrik gula yang terletak di pinggir jalan raya Prambanan-Klaten ini adalah salahsatu heritage berharga dari peninggalan jaman kolonial belanda yang masih berfungsi baik sebagai pabrik gula, dan juga merupakan satu-satunya pabrik gula di Indonesia yang masih menggunakan mesin tenaga uap. Pabrik gula Gondang Baru yang aslinya dulu bernama “Gondang Winangoen” ini didirikan pada tahun 1860 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Nama baru yakni “Gondang Baru” baru diberikan oleh Pemerintah RI pada tahun 1960-an (more). 

5. WOMAN ON BICYCLE: MIETHA

Pantai Trisik adalah salahsatu pantai indah yang dimiliki Kabupaten Bantul selain pantai-pantai lain yang lebih terkenal yakni Parangtritis, Parangkusumo dan Depok. Pantai ini terletak berdekatan dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Congot. Satu keunikan dari pantai ini adalah keberadaan segara anakan kecil yang kemudian membentuk  danau buatan yang indah alami di area pantai. Pantai ini dikelilingi areal pertanian yang cukup subur berkat irigasi yang cukup baik di sepanjang jalan menuju pantai ini. Di areal persawahan tersebut juga banyak dijumpai kawanan burung liar yang cukup indah dipandang saat berterbangan kesana-kemari. Meskipun miskin fasilitas wisata, namun pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi karena tidak terlalu padat pengunjung. Suasana yang sepi tenang namun tetap aman karena sangat dekat dengan area pemukiman penduduk setempat (more).

4. WOMAN ON BICYCLE: DEWI

Salahsatu icon heritage yang cukup unik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja di kota Yogyakarta adalah obyek wisata Taman Sari yang pada jaman dulu merupakan taman kerajaaan. Taman Sari tidak hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan Raja dan keluarganya, namun juga sering dimanfaatkan sebagai tempat meditasi Raja. Taman Sari sesungguhnya masih terletak pada lokasi dalam satu sistem lingkungan kompleks Kraton Yogyakarta, namun dalam proses perkembangan jaman, taman kerajaan yang aslinya sungguh luar biasa indah ini kemudian berubah menjadi sebuah pemukiman umum dan pasar tradisional (more).

3. WOMAN ON BICYCLE: FATMA

Benteng Vredeburg adalah salahsatu benteng peninggalan tentara kolonial Belanda yang masih utuh dan terawat dengan baik di Indonesia selain Benteng Rotterdam di Makasar. Benteng yang terletak tepat di jantung kota Yogyakarta ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi karena keindahan arsitekturnya yang sangat menawan. Benteng Vredeburg menurut catatan sejarah resmi dibangun pada tahun 1787 dengan nama awal “Rustenburg”, kemudian karena mengalami kerusakan hebat akibat bencana gempa bumi pada tahun 1867, benteng tersebut lalu dibangun ulang dan diberi nama baru “Vredeburg”. Benteng ini dipilih sebagai venue untuk photostation “Woman on Bicycle” sebagai bagian dari kampanye kembali bersepeda (more).

2. WOMAN ON BICYCLE: GADIS

Photostation berthema "Woman on Bicycle: Gadis " ini mengambil lokasi pemotretan di Gedung Pusat UGM ini pada Hari Minggu 5 Juli 2009. Sebagai fotomodel adalah Gadisa atau akrab dipanggil sebagai Gadis yang masih aktif sebagai mahasiswa di FISE UNY. Gadis meskipun dalam kesehariannyai jarang menggunakan sepeda, namun pada sore hari itu tampak langsung akrab dengan Sepeda Gazelle Dames Seri 10 yang digunakan sebagai properti pemotretan.Dengan kostum baju kebaya santai warna coklat, penampilan Gadis menjadi sangat "jadoel". Pengalaman profesionalnya sebagai foto model selama 3 tahun terakhir ini sangat membantu sekali dalam menciptakan momen-momen potret yang cukup sensasional (more).

1. SEPEDA ONTHEL ...RIWAYATMU KINI

Sepeda onthel yang dulunya pernah berperan menjadi kendaraan utama di perkotaan sampai tahun 1970-an, sekarang nasibnya telah berubah menjadi alat transportasi umum di pedesaan... (more).

 


Copy Right (c) 2007 Sahid Nugroho